Home » » Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi

Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi

AbahVsan | 10.06 | 0 comments
A. Mendeskripsikan Pelayanan World Wide Web (WWW) sebagai sumber informasi. 

Untuk proses pencarian dan menemukan suatu informasi, kita dapat menggunakan mesin pencari yang dikenal dengan istilah search engine. Search engine merupakan sebuah situs khusus yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topik tertentu. Kemampuan Internet boleh dikatakan tidak terbatas dalam mengolah informasi dan mempunyai sumber daya yang tidak sedikit, termasuk di dalamnya penggunaan e-mail, usenet newsgroup, proses transfer file ataupun informasi, dan pelayanan lainnya. 

Daftar sumber daya pada Internet

- E-mail
Digunakan untuk melakukan pertukaran surat elektronik.

- Newsgroup 
Forum diskusi.

- Mailing List
Kelompok diskusi dengan menggunakan surat elektronik.

- IRC [Internet Relay Chat) 
Fasilitas yang memungkinkan pengguna melakukan dialog dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif.

- Telnet 
Fasilitas yang memungkinkan pengguna melakukan koneksi {login) ke suatu sistem komputer.

- FTP {File Transfer Protocol) 
Sarana untuk melakukan transfer berkas dari komputer lokal ke suatu komputer lain atau sebaliknya.

- Gopher
Perangkat yang memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang terdapat pada server Gopher melalui menu yang bersifat hierarkis.

- Archie
Perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP.

- Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Netwide Index to Computer Archieves) Merupakan kemampuan tambahan yang digunakan untuk melakukan pencarian pada situs-situs Gopher.

- WAIS (Wide Area Information Servers)
Perangkat yang digunakan untuk melakukan pencarian data pada Internet yang dilakukan dengan menyebutkan nama basis data dan kata kunci yang dicari.

- World Wide Web (WWW)
Sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam Internet melalui pendekatan hypertext.

Sumber daya Internet yang umum digunakan saat ini, yaitu e-mail, World Wide Web (WWW), FTP, Mailing List, dan Telnet. World Wide Web (WWW) atau biasa disebut dengan web merupakan salah satu layanan yang diperoleh pengguna komputer yang terhubung dengan Internet. Selain itu, WWW juga dapat diartikan sebagai sebuah sistem di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan informasi lainnya dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Protokol yang digunakan web disebut HTTP {HyperText Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. Adapun dokumen web pada umumnya ditulis dalam format HTML {HyperText Markup Language). Dokumen tersebut diletakkan di dalam web server (server yang melayani permintaan halaman web) dan diakses oleh klien (pengakses informasi) melalui perangkat lunak yang disebut browser.

Saat ini, Internet dapat memberikan manfaat pada hampir semua bidang kehidupan. Berikut ini beberapa bidang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan Internet :

a. Bidang akademis

Dengan adanya Internet, bermacam-macam referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui Internet tersedia dalam jumlah yang sangat banyak. Pelajar tidak perlu mencari buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Cukup dengan memanfaatkan search engine, materi yang relevan dan lebih up-to-date dapat segera ditemukan. Penggunaan Internet juga memungkinkan diadakannya. kegiatan belajar jarak jauh, karena sarana Internet tidak mengenal batasan geografis.


b. Bidang ekonomi dan bisnis

Kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lintas negara di mana pelakunya tidak perlu bepergian ke tempat di mana rekan bisnisnya berada. Hal ini disebabkan karena adanya e-Commerce.

c. Bidang keagamaan
Dalam bidang keagamaan, Internet dimanfaatkan untuk sarana dakwah maupun diskusi-diskusi keagamaan, misalnya Isnet (Islam) maupun ParokiNet (Katolik) telah lama beroperasi dan memberikan manfaat yang besar untuk umat. Kegiatan pengumpulan zakat dan infak juga dapat dilaksaksanakan secara cepat,

d. Bidang sosial
Internet memberikan banyak kesempatan untuk kamu yang mempunyai hobi bersosialisasi atau mencari sahabat. Dengan menggunakan e-mail maupun chat room, kamu dapat menjalin komunikasi dengan teman-temanmu di seluruh penjuru dunia dengan biaya yang relatif murah dan dalam waktu yang singkat.

e. Bidang komunikasi
Kehadiran teknologi VoIP {Voice over Internet Protocol) memberikan manfaat yang sangat besar, yaitu pengguna telepon tidak perlu mengeluarkan biaya sambungan internasional yang sangat mahal untuk menghubungi rekan bisnis maupun keluarga di luar negeri.

f. Bidang hiburan
Internet menyediakan banyak hiburan untuk penggunanya. Kamu dapat bermain game dengan lawan dari negara lain melalui jaringan Internet, dengan memanfaatkan game server. Kamu yang suka musik juga dapat mendapatkan klip-klip MP3 dari lagu-lagu favorit dengan mudah.

Selain memberikan banyak manfaat positif kepada penggunanya, Internet juga mempunyai dampak negatif. Banyaknya informasi yang tersedia dari berbagai macam sumber, membuat para pengguna Internet harus dapat memilah-milah informasi tersebut dengan teliti, karena tidak semua informasi diperoleh melalui Internet terjamin kebenarannya. Salah satu efek negatif penggunaan Internet lainnya, yaitu pembajakan karya intelektual. Para pengguna Internet juga akan kehilangan kesempatan bahkan kemampuan untuk berkomunikasi secara personal karena adanya kemudahan dan kenyamanan dalam berkomunikasi melalui Internet.


B. Menggunakan Menu dan Fasilitas pada Web Browser untuk Mengakses Website.

Fasilitas utama yang dimiliki oleh berbagai browser pada umumnya adalah sama, yaitu penyediaan layanan navigasi untuk para "peselancar" di dunia maya.

a.Title Bar

Merupakan judul dari halaman web yang sedang dibuka. Title bar berada pada baris paling atas dari jendela browser.

b.Menu Bar

Berisi menu-menu utama browser. Misalnya, menu File, Edit, View, dan menu lainnya. Di dalam menu-menu tersebut juga terdapat beberapa submenu yang lain.

c. Toolbar

Merupakan tombol-tombol standar yang sering digunakan pada saat browsing dan sebagai jalan pintas (shortcut) untuk mengakses menu-menu yang ada dalam bentuk button.

d. Address Bar

Berfungsi untuk menunjukkan atau menuliskan alamat situs atau halaman web yang ingin ditampilkan.

e. Workspace

Merupakan ruang untuk menampilkan informasi dari halaman yang sedang kamu kunjungi. Pada bagian ini juga terdapat tempat untuk melakukan scrolling (menggeser atau menggulung) halaman.


f. Status Bar

Berfungsi untuk menampilkan status dari situs web yang sedang kamu buka. Tulisan yang terdapat pada status bar dapat berubah sesuai kondisi. Bagian-bagian pada tool bar yang sering digunakan dapat dilihat pada tabel di bawah ini 


Toolbar Internet Explorer
1.   Back : kembali ke halaman web sebelumnya.
2.   Forward : maju ke halaman web berikutnya.
3.   Stop : menghentikan proses download situs web sedang berlangsung.
4.   Refresh : menampilkan kembali halaman web.
5.   Home : kembali ke halaman pertama.
6.   Search : mencari web atau data tertentu pada Internet.
7.   Favorites : menyimpan halaman web yang sering dikunjungi.
8.   History :menampilkan kembali daftar web yang pernah dikunjungi.
9.   Mail : mengirim atau membaca e-mail.
10. Print : mencetak halaman web. 


C. Mendeskripsikan Pengertian URL dan Homepage


1. Mengenal URL

URL (Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs atau dokumen dari sumber lainnya di internet yang terdapat pada web. URL adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya. Nama file ini tidak hanya menunjukkan direktori dan nama file-nya, tetapi juga nama mesin yang digunakan dalam jaringan. URL dapat disediakan atau di akses dengan berbagai metode dan bisa jadi bukan hanya sekedar file, karena URL dapat menunjukkan query-query, dokumen yang disimpan dalam database, hasil dari suatu perintah finger atau apa pun yang berkaitan dengan data hasil proses.

Secara umum, untuk melakukan penjelajahan Internet harus diketahui alamat yang dituju. Aturan penulisan alamat tersebut adalah sebagai berikut.

• Protokol ->http://
• Domain ->www.ilkorn.fmipa.ipb.ac.id
• Directory ->/06/
• Nama halamanh ->index.php

Aturan tersebut jika digabung akan menjadi

http://www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id/06/index.php

Bentuk nama domain secara umum adalah
ilkom.frnipa,ipb.ac.id

Cohtoh di atas menunjukkan alamat web Departemen Ilmu Komputer, FMIPA, IPB. Bagian"ac"menyatakan ripe domain, sedangkan "id " menyatakan kode negara untuk Indonesia. Bermacam-macam tipe domain dan contoh identitas negara :

Tipe domain

com atau co ->Perusahaan komersial
edu atau ac ->Institusi pendidikan
gov atau goBiro ->atau badan pemerintah
mil ->Militer
net ->penyedia jaringan
org atau or ->Organisasi

Daftar identitas sebagian negara

at ->Austria 
my ->Malaysia
au ->Australia 
nz ->Selandia Baru
ca ->Kanada 
sg ->Singapura
de ->Jerman 
tr ->Turki
fr ->Prancis 
tw ->Taiwan
id ->Indonesia 
uk ->Inggris
IP ->Jepang 
us ->USA
kr ->Korea Selatan 
ve ->Venezuela
mx ->Meksico 
za ->Afrika Selatan

2. Mengenal Homepage

Informasi-informasi yang terdapat di WWW dikemas dalam bentuk halaman-halaman web {web page). Sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan diletakkan dalam sebuah situs web {website). Homepage adalah istilah untuk mehyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jika sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam World Wide Web, Suatu homepage dapat memuat informasi mengenai apa pun yang dapat kamu bayangkan. Web page atau halaman web merupakan istilah lain yang tidak kalah penting untuk kamu ketahui. Jika website dapat diibaratkan seperti sebuah buku maka sebuah web page merupakan salah satu halaman dari website tersebut. Karena homepage merupakan halaman depan dari website, maka homepagepun dapat disebut sebagai sebuah web page. Akan tetapi, tidak semua web page merupakan homepage.


D. Mendeskripsikan Hypertext dan HTML

1. Mengenal Hypertext

Di dunia web, Di balik tampilannya yang sederhana, Athavista menyimpan potensi fungsi pencarian yang mencengangkan. Bahkan, fasilitas penerjemahnya, Babel Fish, merupakan layanan terbaik di kelasnya hypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link atau hubungan dengan tempat tujuan. Link merupakan suatu unsur dari dokumen hypertext yang dapat kamu pilih. Coba klik sebuah link dan kamu akan dihubungkan ke dokumen lain yang tersambung dengan link tersebut. Pada saat kamu membuka alamat situs atau website pada kotak address, secara otomatis di depannya ditambahkan "http://". HTTP{Hyper Text Transfer Protocol) adalah protokol untuk men-download file ke komputer. Hypertext merupakan format teks yang umum digunakan di Internet.

Sebuah dokumen web dapat dibuat secara statik atau dinamik.Oleh karena itu, sebuah sistem hypertext yang dibuat dengan baik akan dapat menangani dan menggunakan banyak antarmuka pengguna lainnya, seperti menu dan bans perintah dan dapat digunakan untuk mengakses kedua dokumen link yang dikumpulkan secara statik dan aplikasi interaktif. Dokumen dan aplikasi dapat ditampilkan secara lokal di mana pun dokumen dan aplikasi tersebut berada dengan bantuan jaringan komputer,seperti Internet. Implementasi paling terkenal dari hypertext adalah World Wide Web.


2. Mengenal HTML

Halaman web adalah sebuah dokumen HTML. Artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (Hyper Text Markup Language).HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa (tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindahkan antarberbagai platform) dan dapat dibuat dengan editor teks apa saja. kelebihan HTML dari dokumen yang lain adalah dengan menggunakan HTML maka kamu dapat melakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara,dan elemen-elemen multimedia lainnya, dan yang terpenting adalah penggunaan hypertext. Hypertext adalah teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya.Link-link inilah yang menjadi ciri khas dan sekaligus membentuk World Wide Web,yaitu jaringan halaman-halaman web yang saling terhubung satu sama lain.

Dokumen HTML merupakan dokumen yang ditampilkan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi informasi atau antarmuka (interface) aplikasi di dalam Internet. Terdapat dua cara untuk membuat sebuah halaman web, yaitu dengan editor HTML atau dengan editor teks biasa, misalnya Notepad. HTML bukan sebuah bahasa pemrograman. Jadi, untuk membuat sebuah halaman web, yang perlu ditambahkan adalah kemampuan untuk mengolah gambar, karena halaman-halaman web yang dibuat akan Iebih menarik jika disertai dengan gambar.


E. Mengenal Beberapa Situs Yang Menyediakan Fasilitas Search Engine

Search engine adalah situs khusus di Internet yang dirancang untuk membantu para pengguna Internet untuk menemukan informasi yang tersimpan di halaman situs lain. Kebanyakan pengguna Internet menggunakan bantuan search engine untuk mencari berbagai macam data, informasi, artikel, dan pengetab.uan.di Internet. Program "Gophers" dan "Archie" mencatat indeks file yang tersimpan dalam server yang terhubung dengan Internet dan secara dramatis mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mencari program dan dokumen. Dari sekian banyak mesin pencari (Search Engine), yang paling populer diantaranya, yaitu :


a. Google, beralamat di www.google.com
b. Yahoo., beralamat di www.yahoo.com
c. AlltheWeb, beralamat di www.alltheweb.com
d. Excite, beralamat di www.excite.com
e. Lycos, beralamat di www.lycos.com
f. Altavista, beralamat di www.altavista.com


1. Google (www.google.co.id)


Google merupakan mesin pencari yang cukup terkenal untuk saat ini dan memberikan hasil yang relevan dan sangat cepat. Sejumlah besar informasi di Internet membutuhkan layanan pencarian yang sempurna untuk mengelola informasi.Tidak hanya kecanggihan yang dimiliki Google, tetapi juga layanan komunikasi dengan penggunanya yang menggunakan bahasa Indonesia, bahkan bahasa Jawa. 


2. Yahoo (www.yahoo.com)


Yahoo merupakan situs search engine yang paling kaya fitur. Popularitas Yahoo meningkat di mata para pengguna karena banyaknya fitur yang disediakan. Hal ini disebabkan karena Yahoo memposisikan diri sebagai situs portal di Internet. Meskipun situs ini memiliki banyak fitur yang menggiurkan, tetapi kemampuan layanan mesin pencarinya tidak kalah dengan situs search engine lain. Kecepatan dan keakuratannya dapat diadu dengan search engine terkemuka lainnya.


3. All The Web (www.alltheweb.com)
Dalam teknologi pencarian,kalangan praktisi menilai,All The Web merupakan real competitor dari situs terkemuka Google. Hasil pencarian yang ditampilkan telah memikat para penggunanya.Tampilan halaman utama All The Web relatif sederhana. Selain tampak lebih elegan,tampilan yang sederhana justru tidak membuat bingung penggunanya. Di balik kesederhanaan itu, All The Web menyimpan potensi yang mengagumkan.


4. Excite (www. excite, com)


Excite tetap menjadi pilihan para pengguna dalam mencari data di Internet,meskipun situs ini mengalami pasang surut dalam bisnis dot-com.Excite merupakan search engine pelopor dan paling inovasional pada saat pertama kali diperkenalkan. Excite masih layak untuk bersaing dan disebut terbaik di antara search engine lain, karena keakuratan dan kecepatannya dalam menampilkan hasil pencarian.


5. Lycos (www.lycos.com)


Setiap search engine tentu dibuat semenarik dan seakurat mungkin untuk dapat bersaing dan mengejar popularitas di mata pengguna Internet.Lycos sebagai salah satu pelopor mesin pencari, tetap bagus, cepat, dan akurat dalam melakukan pencarian, meskipun banyak situs search engine baru yang baik dan akurat. Hal inilah yang membuat Lycos masih bertahan di jajaran search engine terbaik dunia. Tampilan Lycos cukup menah, mengesankan dirinya sebagai situs portal, tidak seperti tampilan search engine lain yang terkesan sederhana. Kotak pencarian terletak di bagian atas halaman, seakan tersembunyi oleh tampilan image dan ikon fitur yang mencolok. Akan tetapi, tidak salah jika fitur-fiturnya dibuat mencolok, karena fitur tersebut sangat bermanfaat dan membantu para penggunanya.


6. Altavista (www.altavista.com) 


Para pesaing bisnis di bidang Internet layak memperhitungkan Ahavista,khususnya dalam bidang search engine, karena kepopuleran mesin pencari ini dapat disetarakan dengan search engine lain yang lebih lama muncul. Keandalan dan keakuratan hasil yang ditampilkan Altavista menjadikan para pengguna memilih situs ini. Di balik tampilannya yang sederhana, Altavista menyimpan potensi fungsi pencarian yang mencengangkan. Bahkan, fasilitas penerjemahnya, Babel Fish, merupakan layanan terbaik dikelasnya.


F. Menggunakan Search Engine Dalam Mengakses Informasi Dari Internet.

Situs search engine selalu digunakan oleh pengguna Internet untuk mencari arti atau uraian dari sebuah kata kunci. Search engine dan direktori-direktorinya tidaklah seragam antara satu dengan lainnya. Perbedaannya terletak pada cara membuat daftar hasil penggabungannya.

Search engine niemiliki tiga komponen penting. Pertama, elemen yang disebut laba-laba (spider) yang disebut juga dengan crawler. Elemen spider mengerjakan akses (kunjungan) ke situs-situs web, membaca isinya, dan kemudian mengikuti link-link yang terdapat pada situs.

Setiap informasi yang dijumpai elemen spider selalu akan ditulis dalam sebuah indeks. Indeks merupakan elemen kedua dari search engine. Indeks disebut juga katalog yang mirip dengan sebuah buku raksasa, berisi salinan {copy) dari setiap situs yang dikunjungi elemen spider. Jika elemen spider menemukan perubahan dari sebuah situs web, maka informasi dari situs web yang terdapat dalam katalog ini akan segera diperbaharui {update). 

Elemen ketiga dari search engine adalah perangkat lunak {software) search engine itu sendiri. Program inilah yang memilah jutaan data dalam katalog yang berisi salinan halaman-halaman situs web dan mencocokkannya sesuai permintaan pengguna Internet dan kemudian menampilkan data ke layar monitor dan menyusunnya dalam daftar sesuai dengan peringkatnya.

G. Mengelola Informasi Yang Diperoleh


1. Menyimpan Informasi

Jika kamu tertarik untuk mengambil informasi pada halaman web yang kamu buka, kamu dapat menyimpannya ke dalam disket, harddisk, atau flash disk, sehingga kamu dapat membukanya di lain waktu tanpa harus terhubung dengan Internet (online). Hal ini dapat menghemat biaya yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkan informasi. Format penyimpanan dapat menggunakan format html, mengkopi kemudian dipindahkan ke dokumen Microsoft Word, atau langsung dicetak.

2. Mencetak informasi

Apabila kamu ingin mencetak halaman web tersebut, dapat kamu lakukan dengan cara berikut.

1. Klik menu file.
2. Klik Print, maka akan tampak kotak dialog Print 
3. Selanjtnya, pilih jenis printer yang terpasang kemudian lalu klik tombol Print.



H. Melakukan Download File dan Menentukan Lokasi Penyimpanan

Download adalah proses pengambilan file dari komputer lain melalui Internet ke komputermu. File tersebut memiliki bermacam-macam bentuk, seperti dokumen dari Microsoft Word yang berekstensi .doc, dokumen gambar dengan ekstensi jpg dan .bmp, serta dokumen Acrobat Reader yang berekstensi .pdf. Saat ini, sudah banyak sekali program aplikasi yang dibuat khusus untuk menangani kegiatan download file dari Internet. Misalnya, Download Accelerator Plus (DAP), Getright, Free Download Manager, dan aplikasi lainnya.


I. Mengidentifikasi Elemen-elemen dalam Dokumen 

HTML terdiri atas tag-tag yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Tag adalah kode yang berada di antara tanda < dan >. Bentuk umum dari suatu tag diawali dengan, kemudian teks yang akan dimasukkan, dan diakhiri dengan . Tag-tag tersebut ditulis secara berpasangan. 

Elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML dinyatakan dengan tag , , dan berikut tag-tag pasangannya. Setiap dokumen terdiri atas tag head dan body. Elemen head berisi informasi mengenai dokumen tersebut dan elemen body berisi teks yang sebenarnya, tersusun atas link, grafik, dan elemen lainnya. Secara umum, dokumen web dibagi menjadi dua bagian {section), yairu section head dan section body. Sehingga, setiap dokumen HTML harus mempunyai pola dasar sebagai berikut.

...informasi mengenai html

...informasi yang ditampilkan dalam halaman web

Setiap dokumen HTML harus diawali dengan menuliskan tag dan di akhir dokumen. Tag ini menandai elemen HTML, yang berarti dokumen tersebut adalah dokumen HTML. Dalam satu dokumen hanya terdapat satu elemen HTML.

Section atau elemen head ditandai dengan tag di awal dan tag di akhir. Section ini berisi informasi mengenai dokumen HTML. Minimal informasi yang dituliskan dalam elemen ini adalah judul dari dokumen. Judul ini akan ditampilkan pada caption bar dariwindow browser, ditandai dengan menggunakan tag .

Section atau elemen body ditandai dengan tag di awal dan diakhiri dengan tag . Section body merupakan elemen terbesar di dalam dokumen HTML, Elemen ini berisi dokumen yang akan ditampilkan pada browser, meliputi paragraf, grafik, link, tabel, dan elemen lainnya.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Komentarnya Ya !

 
Support : Khiansantang | TipsTrikBlogger | Mas Template
Copyright © 2011. BALE-BALE PALUPUH - All Rights Reserved
Template Modify by Abahvsan
Proudly powered by Blogger