Home » » Membuat Kwitansi Mengunakan Microsoft Word

Membuat Kwitansi Mengunakan Microsoft Word

AbahVsan | 20.45 | 0 comments

Untuk membuat kwitansi kita menggunakan program yang umum saja, yakni Microsoft Word. Sebenarnya membuat kuitansi dengan menggunakan Microsoft Word terserah dari pembaca, namun disini penulis hanya memberikan contoh yang ‘sedikit mirip’ dengan kuitansi yang beredar.

Dalam tulisan kali ini, penulis mencoba memberikan langkah-langkah yang diperlukan untuk membuatnya. Pembaca boleh melewati jika hal ini sudah dikuasai.

Pertama; Aturlah margin dan ukuran kertas yang akan dibuat. Jika ingin sama seperti kwitansi yang ada di toko, maka atur sesuai ukuran. Namun jika menginginkan dengan kertas standar (F4 atau A4) supaya lebih mudah. Maka aturlah sesuai ukurannya.

Kedua; Berilah bingkai pada kertas menggunakan Borders and Shading. Jika menggunakan Microsoft Office 2003, klik Format → Borders and Shading. Jika menggunakan Microsoft Office 2007/ 2010, klik Page Borders di tab Page Layout.

Ketiga; Pilihlah jenis border dan ukuran yang sesuai. Pilih jenis border yang sedikit mendekati bingkai pada kuitansi asli dan aturlah ukuran supaya sesuai. Pengaturan jenis bingkai dan ukuran seperti pada gambar berikut :


Keempat; Tulislah teks seperti nomor, telah terima dari, dll. Aturlah jenis huruf dan ukurannya. Dalam hal kami menggunakan jenis huruf Brush Script MT 15 pt. Atur juga tabulasi yang ada.

Kelima; Buatlah sebuah objek untuk diletakkan di sebelah kanan teks. Objek ini nantinya diberi isi berupa Pattern. Untuk memberi pattern, caranya klik kanan objek, pilih Format Autoshape/ Properties. Pada tab Colors and Lines, klik tombol Fill Effect. Pilih corak yang sesuai pada tab Pattern.

Silahkan download contohnya disini.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Komentarnya Ya !

 
Support : Khiansantang | TipsTrikBlogger | Mas Template
Copyright © 2011. BALE-BALE PALUPUH - All Rights Reserved
Template Modify by Abahvsan
Proudly powered by Blogger